Dosen ISBI Bandung sebagai Penguji Eksternal Disertasi di Prodi S3 Kajian Budaya FIB Unud

`

Penguji eksternal dari ISBI Bandung, Dr. Husen (dua dari kiri) berfoto bersama mahasiswa dan tim penguji.


Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menjadi penguji eksternal ujian hasil penelitian disertasi mahasiswa Prodi Doktor (S3) Kajian Budaya  Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana, Kamis, 4 Mei 2023.

Kegiatan akademik ini merupakan realisasi program kerja sama kedua fakultas, FIB Unud dan FSRD ISI Bandung, yang dipayungi Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unud dengan Rektor ISBI Bandung bernomor B/84/UN.14/HK.07.00/2020 dan B/896/IT8/HK.07.00/2020, tertanggal 20 Juli 2020.


Pasek Adnyana

Dosen FSRD ISBI Bandung yang hadir sebagai penguji adalah Dr. Husen Hendriyana, S.Sn., M.Ds., sekaligus menjabat Dekan FSRD ISBI Bandung. Disertasi yang diuji berjudul “Representasi Budaya Populer Animasi “Upin Ipin” dan Implikasi Ideologis terhadap Audiens di Denpasar” yang dipertahankan oleh mahasiswa Gede Pasek Putra Adnyana Yasa, sehari-hari adalah dosen ISI Denpasar.

Penguji lainnya adalah Prof. AAN Anom Kumbara, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, Dr. I Wayan Suwena, Dr. Ni Made Wiasti. dengan tim promotor Prof. I Nyoman Darma Putra, Dr. IBG Pujaastawa, Dr. I Nyoman Larry Julianto. Ujian dipimpin langsung oleh Promotor Prof. Darma Putra yang sekaligus juga Korprodi S3 Kajian Budaya FIB Unud.




Sebagai penguji eksternal yang diberikan kesempatan pertama bertanya dan memberikan saran, Dr. Husen dari ISBI Bandung memuji disertasi Pasek karena memilih topik yang tepat untuk Kajian Budaya dan membahas masalah dengan dalam dan kritis. Dalam ujian banyak pertanyaan dan saran disampaikan para penguji.


Beberapa pertanyaan yang disampaikan berkaitan dengan populasi dan sampel audience Upin Ipin dan penggunaan konsep ‘ideologi pasar’ dan ‘pasar ideologi’. Yang pertama berkaitan dengan ideologi yang berorientasi keuntungan, modal, sedangkan yang kedua adalah mengacu pada medium tempat ideologi ditawarkan atau dinegosiasikan atau ditanamkan.




Ujian berlangsung lancar dan mahasiswa Pasek dinyatakan lulus dengan beberapa perbaikan. Setelah ujian seminar hasil penelitian ini, mahasiswa akan mengikuti dua tahap ujian lagi yaitu Ujian Tertutup dan Ujian Terbuka (Promosi Doktor). Dalam salah satu ujian tersebut, Dr Husen sebagai penguji luar juga akan kembali hadir.

Kerja sama akademik antara FSRD ISBI Bandung dan FIB Unud yang kali ini diwujudkan lewat Prodi Doktor Kajian Budaya akan berlanjut pada kerja sama akademik lain dengan prodi lain di lingkungan FIB Unud sesuai dengan butir kesepakatan kerja sama (*)